Home / SOSIAL KEMASYARAKATAN / 5000 Lowongan Pekerjaan di Job Fair 2017

5000 Lowongan Pekerjaan di Job Fair 2017

Ketidakseimbangan antara persediaan dan kebutuhan tenaga kerja di Tulungagung melatar belakangi kegiatan Job Fair Kabupaten Tulungagung 2017 yang diselenggarakan pada hari Senin-Selasa 10-11 Juli 2017, kegiatan dilaksanakan di Kantor Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Tulungagung yang terletak di Jl. Jayeng Kusuma No. 19 Tulungagung. Sesuai dengan laporan ketua panitia Kepala Disnakertrans Kabupaten Tulungagung Yumar, ST, MM Job Fair kali ini diikuti oleh 30 perusahaan  baik lokal maupun dari tingkat provinsi dengan menyediakan sekitar 5000 lowongan pekerjaan. Dari 30 perusahaan itu diantara ada dari perbankan, Dealer Mobil, PJTKI, Koperasi, Pabrik SparePart serta distributor dan importir peralatan kesehatan.
Begitu besarnya antusiasme masyarakat terutama angkatan kerja yang hadir pada kegiatan Job Fair bahkan sejak belum dibuka, hal ini menunjukan betapa besar angkatan kerja di Tulungangung. Masih menurut Kepala Disnaker jumlah pengangguran di Tulungagung sebesar 3,6 dari jumlah penduduk sekitar 1,2 juta penduduk. Selain dihadiri oleh peserta Job Fair, yakni perusahan-perusahaan yang berpartisipasi, kegiatan ini juga menghadirkan Ketua SPSI, Kepala SMK se Kabupaten Tulungagung. Dengan begitu SMK yang ada di kabupaten Tulungagung akan mampu mendidik siswa yang terampil sehingga siap kerja. Begitu juga LPK akan mampu melatih pencari kerja sesuai Standart Kompetensi Kerja NAsional Indonesia (SKKNI).

Tujuan dilaksanakannya kegiatan Job Fair ini adalah untuk menfasilitasi pertemuan antara kedua belah pihak, baik pencari kerja maupun pengguna tenaga kerja atau perusahaan, sehingga diharapkan dapat mempercepat proses penempatan tenaga kerja. Dari kegiatan ini, perusahaan sebagai penyedia tenaga kerja dapat menginformasikan kebutuhan tenaga kerjanya, sedangkan dari pencarai kerja akan mengetahui lowongan kerja sesuai dengan minat, bakat dan kemampuan. 

Dalam sambutan Bupati, yang disampaikan oleh Wakil Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Bhirowo, MM disampaikan bahwa pertambahan pengangguran disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Adanya pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi
  2. Lowongan kerja yang terbatas
  3. Tingkat pendidikan , ketrampilan dan produktivitas tenaga kerja yang masih kurang
  4. Kurangnya informasi pencari kerja tentang lowongan pekerjaan

Masih dari sambutan Bupati, adanya ketentuan sertifikat kompetensi bagi tenaga kerja Indonesia yang berkompeten dibidangnya yang menuntut peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan. Penyediaan tenaga kerja sesuai permintaan pasar kerja, melibatkan partisipasi aktif semua pihak, baik dari lembaga pendidikan akademis, lembaga pendidikan profesi, maupun lembaga pelatihan profesi. Dari kegiatan Job Fair ini pemerintah Kabupaten Tulungagung berharap adanya penyerapan tenaga kerja sebanyak mungkin, sehingga terus mengurangi jumlah pengangguran di Tulungagung (DISKOMINFO).

About andy

Check Also

Pengumuman Pemenang Lelang

Berikut ini adalah pengumuman pemenang lelang Urugan Tanah, Pasang Paving, Tempat Penampungan Sampah dan Kios …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *