Home / EKONOMI DAN KEUANGAN / Jawa Timur, Menjadi Provinsi Koperasi Tak Tertandingi

Jawa Timur, Menjadi Provinsi Koperasi Tak Tertandingi

Ribuan pelaku dan pemerhati perkoperasian di Jawa Timur tumplek blek di GOR Lembu Peteng pada dari Jumat 21 Juli 2017 untuk mengikuti puncak kegiatan Hari Koperasi ke 70 Provinsi Jawa Timur yang dipercayakan kepada kabupaten TULUNGAGUNG untuk menjadi tuan rumah. Kegiatan bukan saja dihadiri oleh para pelaku koperasi terutama Koperasi Wanita yang mendominir sebagai tamu undangan. Di Tulungagung sendiri saat ini ada 961 Koperasi dengan 271 kopwan ada yang berkembang dengan sangat baik yakni Koperasi Wanita Harapan Ibu yang berada di Desa Sanan Kecamatan Pakel yang saat tutup buku tahun 2016 memiliki 286 anggota dengan SHU sebesar 74 juta rupiah hal ini disampaikan oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, MSi saat memberikan sambutan selaku tuan rumah dari kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke 70 Provinsi Jawa Timur.

Acara dihadiri bukan saja oleh Bupati dan Walikota se Jawa Timur, Ketua Dekopinda, anggota Gerakan Koperasi se Jawa Timur , pengurus Kopwan se Tulungagung serta para penggiat koperasi di Jawa Timur. Puncak Hari Koperasi ke 70 Provinsi Jawa Timur ini dihadiri juga oleh Menteri Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, Gubernur Jawa Timur Dr. Sukarwo beserta istri serta Ibu Hj. Fatmah Saifulah Yusuf. Total tamu undangan sebanyak 3.500 dari seluruh Jawa Timur. Tentang terpilihnya Tulungagung sebagai tuan rumah puncak peringatan Hari Koperasi ke 70 Provinsi Jawa Timur diantaranya adalah karena saat ini kabupaten Tulungagung sangat produktif kegiatan perkoperasian nya jika dibandingkan dengan kabupaten kota lain di Jawa Timur kemudian juga prestasi Tulungagung dengan penghargaan Satya Lencana Wirakarya yang diterima oleh Bupati Tulungagung pada Rabu 12 Juli 2017 di Makasar disamping kegiatan Kopwan yang sangat luar biasa, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Sri Untari Bisowarno saat menyampaikan laporan ketua pelaksana kegiatan.

Gubernur Jawa Timur Dr. Sukarwo begitu bersemangat dalam menyampaikan sambutannya pada Puncak Peringatan Hari Koperasi ke 70 Provinsi Jawa Timur diantaranya menyampaikan bahwa slogan Jawa Timur APBD untuk rakyat sebetulnya adalah untuk membesarkan UMKM dan koperasi. Karena 87% pekerja di Jawa Timur ada di sektor UMKM dan koperasi. Bahkan dalam guyonannya Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa kesejahteraan masyarakat itu meningkat karena gerakan koperasi. Maka pemerintah sudah seharusnya untuk mendukung industri kecil karena justru industri kecil lah yang lebih tertib dalam membayar angsuran diperbankan, karena sejauh ini memang tidak pernah terdengar UMKM mengemplang kredit.

Dalam sambutan tanpa teksnya Menteri Koperasi Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga yang menyampaikan bahwa seringnya kunjungan ke Jawa Timur menjadikannya sangat terkesan dengan Jamkrida yang dipelopori oleh Pakde Karwo yang merupakan program Jamkrida pertama di Indonesia. Bahkan Pak Meteri saat jadi Wakil Gubernur Bali pernah belajar di Jawa Timur. Maka pantas Jawa Timur dikatakan sebagai Provinsi Koperasi Tak Tertandingi. (DISKOMINFO)

About andy

Check Also

Jadwal Kegiatan Peringatan HUT Proklamasi Ke-72 RI Tahun 2017 Kabupaten Tulungagung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *